jedarodja

08.29
0
http://www.salamdakwah.com/pertanyaan.html
  •  

    Selasa, 30 April 2013 , 08:42:45
    Penanya : Ikhwan
    Daerah Asal : Cikeas gunung putri bogor
    Assalamu 'alaikum,ustat saya sudah berkeluarga,saat ini saya memelihara jenggot sebagai mana yang disunahkan rosulullah solollahu 'alaihi wassalam,tapi dalam perjalananya ditentang istri,katanya lebih tua,serem,bahkan bilang tidak nafsu,bagaimana saya harus bersikap dan memberi pengertian terhadap istri,jazzakallahu khoiron
    Jawab :

    وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

    Memelihara jenggot termasuk sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang harus dikerjakan oleh kaum pria dari ummat-nya. Diantara hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang menunjukkan hal itu adalah:

    خَالِفُوا المُشْرِكِينَ: وَفِّرُوا اللِّحَى، وَأَحْفُوا الشَّوَارِبَ ".أخرجه البخاري رقم 5892 ومسلم رقم 259.واللفظ للبخاري

    Selisilah orang-orang musyrik. Biarkanlah jenggot dan pendekkanlah kumis. HR. Bukhari no. 5892 dan Muslim no.259 .Lafadz hadits ini adalah lafadz Bukhari

    Dengan demikian, berbahagialah Anda karena bisa melaksanakan hadits di atas, sebab, masih banyak kaum muslimin yang belum bisa dan belum mau mendulang pahala dari amalan ini. Bahkan mereka berusaha menghalangi orang yang mendapat hidayah dari Allah ta'ala dari pelaksanaan sunnah ini.

    Mengingat ini adalah amalan yang disyariatkan dalam Islam maka perintah makhluq yang menghalangi pelaksanaan sunnah ini adalah perintah dalam berbuat maksiat kepada Allah ta'ala, dan perintah semacam ini tidaklah boleh diikuti. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

    لَا طَاعَةَ لِمَخْلُوقٍ فِي مَعْصِيَةِ الْخَالِقِ

    Tidak boleh ada keta'atan untuk satu makhluq dalam bermaksiat kepada Allah. HR. Al-Khallal di kitabnya As-Sunnah no.58. Dishahihkan oleh Al-Albani di Shahih Al-Jami' Ash-Shaghir 2/1250

    Selanjutnya, Anda sebagai seorang suami yang baik, sebaiknya menjelaskan masalah ini kepada istri dengan metode terbaik. Jelaskan bahwa amalan ini diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan termasuk konsekwensi dari mengikuti Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

    Tekankan bahwasanya Anda tidak rela masuk neraka hanya disebabkan penyelisihan terhadap perintah Rasul shallallahu alaihi wa sallam.
    Celaan-celaan yang dilontarkan istri terkait lahiriah Anda setelah berjenggot adalah opini umum masyarakat awam, dan Anda bertugas untuk menjadikan logika istri logika yang benar, yang tidak menyelihi syariat. Perlu kesabaran dan metode tepat yang sesuai dengan cara berpikir istri.

    Semoga Allah ta'ala menetapkan Anda di jalan-Nya yang lurus dan memberi Anda kemudahan dalam mendakwahi keluarga.

    وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
    Oleh : Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc
    Sudah dibaca oleh 26 orang
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

mesin pencari as-sunnah

Dikembangkan sejak 2007, Mesin Pencari As-Sunnah dirancang khusus untuk melakukan pencarian hanya ke situs-situs dakwah Islam yang berpemahaman Ahlus-Sunnah wal-Jama'ah saja. Gunakan mesin pencari ini jika Anda ingin mendapatkan hasil pencarian yang -insyaa Allaah- bisa dipercaya dan terbebas dari segala macam pemikiran dan pemahaman sesat yang sekarang banyak melanda umat Islam di seluruh dunia.
Artikel Indonesia Artikel Arab Artikel Inggris Ayat Al-Qur'an Belanja Online Arsip Milis
  • 04
    Video Kajian
  • 05
    Al-Qur'an
  • 06
    Download Section
Read more: http://menanampohondisyurga.blogspot.com